-->

Geologi Lingkungan Daerah Depok Dan Sekitarnya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat

Geologi Lingkungan Daerah Depok Dan Sekitarnya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat

Geologi lingkungan adalah cabang ilmu geologi terapan yang membahas tentang pemanfaatan sumber kekayaan bumi oleh manusia dan berhubungan erat dengan permasalahan perencanaan fisik, pengembangan wilayah serta usaha pengendalian lingkungan hidup dengan melihat aspek-aspek geologi yang ada pada suatu daerah (Sampoerno, 1979). Geologi lingkungan dikontrol oleh beberapa aspek geologi yang mencakup sifat keteknikan, tanah dan batuan terhadap kemantapan lereng, letak dan potensi batuan untuk bahan galian, letak endapan potensial dan potensi bencana alam akibat pengaruh kondisi geologinya. Suatu perencanaan tata lingkungan dengan tinjauan ilmu geologi akan membantu dalam pemanfaatan lingkungan dan mengurangi pengaruh negatif dari pemanfaatan / dampak lingkungan.

Perencanaan dengan tinjauan geologi lingkungan akan membantu dalam pemanfaatan lingkungan seoptimal mungkin dan membantu mengurangi dan mencegah semaksimal mungkin pengaruh negatif dari pemanfaatan lingkungan. Pengaruh aspek geologi terhadap lingkungan dapat menciptakan masalah yang berakibat pada tata kehidupan manusia yang bermukim di daerah tersebut. Pertumbuhan penduduk suatu daerah seharusnya selaras dengan kemajuan sarana dan prasarana untuk mencukupi kebutuhan hidup.


2.4.1.      Sumber Daya Alam


Sumber daya alam adalah segalah sesuatu yang terdapat di alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam rangkah memenuhi segala kebutuhan hidup. Sumber daya alam tersebut mecangkup sumber daya tanah, sumber daya air, dan sumber daya bahan galian.

2.4.1.1.                            Sumber Daya Tanah


Pemanfaatan tanah pada daerah penelitian sebagian besar digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai lahan perkebunan, pemukiman, dan hutan. Pekebunan teh merupakan lahan yang digunakan masyarakat untuk bercocok tanaman jenis teh. Perkebunan ini banyak dijumpai di lereng gunung.

Gambar 2.24. Sumber daya geologi pada daerah penelitian berupa sumber daya lahan yang digunakan sebagai perkebunan teh.


2.4.1.2.                        
Sumber Daya Air

Air merupakan komponen sumber kehidupan yang sangat penting bagi kelangsungan makhluk hidup. Bagi masyarakat di daerah penelitian, air merupakan kebutuhan primer dalam mendukung aktifitas sehari-hari misalnya untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti: minum, mandi, memasak, mencuci dan digunakan juga sebagai kebutuhan lain seperti saluran irigasi ke sawah dan ladang. Sumber daya air di daerah penelitian dapat dijumpai berupa air permukaan.
Gambar 2.25. Sumber daya geologi pada daerah penelitian berupa sumber daya air.

2.4.1.3.                            Bencana Alam

Bencana alam merupakan suatu gejala alam yang disebabkan oleh alam dan manusia. Bencana alam dapat menimbulkan suatu kerugian bagi mahluk hidup di alam tersebut terutama bagi manusia. Bencana alam pada umumnya dapat berupa tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung api, dan banjir. Bencana alam yang dapat diamati pada daerah penelitian berupa gerakan tanah tipe longsoran (slide).
Gambar 2.26. Bencana alam berupa gerakan tanah yang terdapat pada daerah penelitian.






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Geologi Lingkungan Daerah Depok Dan Sekitarnya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel