-->

Sejarah Geologi Daerah Depok Dan Sekitarnya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat

Sejarah Geologi Daerah Depok Dan Sekitarnya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat

Berdasarkan data – data geologi permukaan yang dijumpai pada lokasi penelitian, serta hasil interpretasi dan penafsiran stratigrafi, umur, lingkungan pembentukan dan struktur geologi, pada akhirnya dapat dibuat suatu sintesis geologi yang menggambarkan sejarah geologi daerah penelitian pada suatu kerangka ruang dan waktu. Berdasarkan konsep vulkanologi yang terekam dalam daerah penelitian, geologi sejarah penelitian dapat dibagi menjadi beberapa periode vulkanisme sejarah geologi daerah penelitian dimulai sejak Pleistosen hingga Holosen.



Periode vulkanisme yang terekam pada daerah penelitian dimulai pada Kala Plistosen, yang merupakan fase penghancuran tubuh gunung api Tengah, fase penghancuran tubuh gunung api Pasirgaru dan fase penghancuran dari tubuh gunung api Kendeng, yang bersifat eksplosif dan efusif yang menghasilkan breksi andesit jatuhan dan lelehan lava pijar yang cukup tebal.

Gambar 2.21. Model sejarah geologi daerah penelitian pada Kala Pleistosen.

Selanjutnya fase pergerakan tektonik yang terjadi cukup aktif pada daerah penelitian, yang di tandai dengan kemunculan sesar yang terdapat pada daerah penelitian, yang memotong satuan lava basal aliran Gunung pasirgaru dan satuan lava andesit aliran Gunung Tengah.

Gambar 2.22. Model sejarah geologi yang terdapat pada daerah penelitian pada Kala Pleistosen, terjadi pergerakan tektonik yang cukup aktif, sehingga menghasilkan sesar mendatar mengkanan Pakenjeng.

Pada Kala Holosen mulai muncul Khuluk Papandayan yang menghasilkan aliran lava yang bersusunan basal dan andesit, hal ini terus terjadi hingga membentuk tubuh kerucut gunung api Khuluk Papandayan yang bersusunan basal andesitik.
Setelah kegiatan erupsi dari gunung api di daerah penelitian berakhir, kemudian terjadi proses erosional dan pelapukan, yang menghasilkan morfologi punggungan aliran lava, punggungan aliran pirolastik, dan pegunungan sisa gunung api yang berada pada daerah penelitian.


Gambar 2.23. Model sejarah geologi pada daerah penelitian pada Kala Holosen muncul tubuh gunung api Papandayan.
Silahkan download filenya dibawah ini sebagai acuan, bahan bacaan dan lainnya



JIKA ANDA BELUM MENGETAHUI CARA DOWNLOAD FILE NYA, SILAHKAN KLIK LING DIBAWAH INI

CARA DOWNLOAD ( LANGSUNG PADA LANGKAH NO.7 )



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Geologi Daerah Depok Dan Sekitarnya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel