-->

Cara Paling Aman Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Cara Paling Aman Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi


Oleh Doug Copp
Kepala Penyelamat dan Manajer Bencana
dari American Rescue Team International (ARTI)

Doug Copp adalah Rescue Chief and Disaster Manager dari American Rescue Team International (ARTI), dia adalah salah satu tim penyelamat  yang sangat berpengalaman di dunia.
Beliau telah menelusuri 875 gedung-gedung dan bangunan-bangunan yang telah runtuh, beliau telah bekerja dengan tim penyelamat dari 60 negara lainnya. Beliau telah mendirikan tim penyelamat di beberapa negara, dan beliau juga merupakan salah satu anggota dari banyak tim penyelamat di banyak negara. Beliau merupakan ahli PBB dalam Mitigasi Bencana (UNX051 - UNIENET) selama dua tahun. Beliau sudah berperan di setiap bencana besar di dunia di mulai dari tahun 1985, kecuali ada bencana bencana yang terjadi secara bersamaan.
Pada tahun 1996 beliau memproduksi sebuah  film untuk membuktikan metodologi cara bertahan benar jika sedang terjadi gempa. Pemerintah Federal Turki, Kota Istanbul, Universitas Istanbul, Case Productions dan ARTI bekerja sama untuk menayangkan uji ilmiah ini. Beliau sengaja meruntuhkan sekolah dan rumah yang di dalamnya terdapat 20 boneka untuk uji coba. Sepuluh boneka "bebek dan penutup," dan sepuluh manekin yang beliau gunakan untuk membuktikan metode bertahan hidup beliau atau yang sering disebut dengan “segitiga kehidupan". Setelah uji coba atau simulasi gempa tersebut, beliau merangkak melewati reruntuhan dan memasuki gedung untuk syuting dan mendokumentasikan metote yang ia gunakan saat gempa terjadi. Dalam film tersebut, beliau menunjukkan teknik atau cara bertahan hidup beliau di bawah reruntuhan yang dapat diamati secara live. Film ini telah disaksikan oleh jutaan orang di televisi di Turki dan seluruh Eropa, dan dapat di saksikan di Amerika Serikat, Kanada dan Amerika Latin pada program TV Real TV.
Salah satu sekolah di Meksiko City merupakan gedung yang pertama kali di datangi oleh beliau. Saat itu terjadi bencana dan anak-anak di sekolah itu berada di bawah meja.
Setiap anak ada di bawah meja mereka. Setiap anak dihancurkan sampai ketipuran tulang mereka. Secara sederhana, ketika bangunan runtuh, berat langit-langit jatuh dan jatuh pada benda-benda atau perabotan yang kita jadikan tempat berlindung, meninggalkan ruang atau kosong di sebelahnya. Ruang ini adalah apa yang saya sebut "segitiga kehidupan". Semakin besar objek, semakin kuat, semakin sedikit ia akan tahan akan beban. Semakin sedikit objek yang padat, semakin cepat benda tersebut hancur.
Kepala penyelamat di Departemen Pemadam Kebakaran Trujillo adalah seorang profesor di Universitas Trujillo. Dia menemaniku ke mana-mana. Dia memberi kesaksian pribadi: “Nama saya Roberto Rosales. Saya adalah Kepala Penyelamatan di Trujillo. Ketika saya berumur 11 tahun, saya terjebak di dalam gedung yang runtuh. Perampokan saya terjadi selama gempa tahun 1972 yang menewaskan 70.000 orang. Saya selamat dalam "segitiga kehidupan" yang ada di samping sepeda motor saudara laki-laki saya. Teman-teman saya yang berada di bawah tempat tidur dan di bawah meja hancur sampai mati [dia memberikan lebih banyak rincian, nama, alamat dll ... Saya adalah contoh hidup dari "Segitiga kehidupan". Teman-teman saya yang mati adalah contoh “bebek dan penutup”.



TIPS DOUG COPP MEMBERIKAN:
1.     saat anda menonton berita tentang bencana Geologi (Gempa Bumi) maka amati dan hitung segitiga kehidupan yang anda lihat.
2.     Segitiga kehidupan ini berada di mana saja dan memiliki bentuk yang sangat umum.
3.     kebanyakan orang pada saat terjadi bencana geologi hanya menunduk dan berlindung di meja, kolong tempat tidur dan lainnya, itu akan mengakibatkan kita tertimpa atap, karena saat bencana Geologi tejadi atap atau bagian atas rumah akan jatuh dan menimpa meja, hal tersebut yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa.
4.     Ambilah posisi meringkuk karena hal tersebut akan menyelamatkan hidup kita. Ambil posisi di samping suatu benda, di samping sofa, di samping benda yang lebih resisten hal tersebut akan meninggalkan ruang sempit saat atap bangunan menimpa benda tersebut.


5.     Bangunan semi permanen adalah tipe konstruksi yang paling aman saat terjadi  gempa bumi. Kayu bersifat lentur dan akan bergerak mengikuti irama gerakan gempa. Jika bangunan semi permanen hancur, maka akan menyisakan banyak ruang kosong di bandingkan bangunan permanen. Disamping itu, bangunan semi permanen memiliki beban yang lebih ringan di bandingkan bangunan yang permanen atau terbuat dari batu bata dan yang lainnya.
6.     Jika gempa terjadi saat anda berada di atas tempat tidur, bergulinglah ke samping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada di samping tempat tidur. Hotel akan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi dengan hanya menempelkan peringatan di belakang pintu agar tamu-tamu berbaring di lantai di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa.
7.     Jika terjadi gempa anda tidak sempat untuk meraih jendela atau pintu untuk keluar, maka berbaring lah di sebelah sofa atau kursi besar.
8.     kebanyakan orang akan meninggal saat berlindung di belakang pintu. Mengapa? Jika anda berlindung di belakang pintu dan pintu tempat anda berlindung rubuh ke depan atau ke belakang anda akan tertimpa atap ata bagian atas bangunan lainnya.
9.     Jangan pernah lari melalui tangga. Karenan tangga bisa saja runtuh saat anda berlari di atasnya bahkantTangga akan lebih awal runtuh. 10. Berdirilah di dekat dinding paling luar dari bangunan atau di sebelah luarnya jika memungkinkan. Akan lebih aman untuk berada di sebelah luar bangunan daripada di dalamnya.

10.  Saya menemukan, ketika merangkak di dalam kantor surat kabar yang roboh dan kantor lain dengan banyak kertas, kertas itu tidak kompak. Rongga besar ditemukan di sekitar tumpukan kertas.

Sebarkan informasi ini dan selamatkan nyawa setiap orang Terima kasih Semoga bermanfaat



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Paling Aman Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel