-->

Tinjauan Pustaka Batuan Gunungapi

Batuan Gunungapi

Apabila akhirnya dalam perjalanan keatas magma dapat mencapai permukaan bumi, maka akan terjadi gejala vulkanisma dan membentuk sebuah gunungberapi. Istilah vulkanisma berasal dari kata latin “vulkanismus” nama dari sebuah pulau yang legendaris. Vulkanisma dapat didefinisikan sebagai tempat atau lubang diatas muka Bumi dimana daripadanya dikeluarkan bahan atau bebatuan yang pijar atau gas yang berasal dari bagian dalam bumi ke permukaan, yang kemudian produknya akan disusun dan membentuk sebuah kerucut atau gunung. Adapun sejumlah bahan-bahan yang dikeluarkan melalui lubang, yang kemudian dikenal sebagai pipa kepundan, terdiri dari pecahan-pecahan batuan yang tua yang telah ada sebelumnya yang membentuk tubuh gunung-berapi, maupun bebatuan yang baru samasekali yang bersumber dari magma di bagian yang dalam dari litosfir yang selanjutnya disemburkan oleh gas yang terbebas. Magma tersebut akan dapat keluar mencapai permukaan bumi apabila geraknya cukup cepat melalui rekahan atau patahan dalam litosfir sehingga tidak ada waktu baginya untuk mendingin dan membeku. Terdapat dua sifat dari magma yang dapat memberikan potensi untuk bertindak demikian, dan itu adalah pertama kadar gas yang ada didalam magma dan yang kedua adalah kekentalannya.
Wilayah-wilayah sepanjang batas lempeng dimana dua lempeng litosfir saling berinteraksi akan merupakan tempat yang berpotensi untuk terjadinya gejala vulkanisma. Gejala vulkanisma juga dapat terjadi ditempat-tempat dimana astenosfir melalui pola rekahan dalam litosfir naik dengan cepat dan mencapai permukaan. Tempat-tempat seperti itu dapat diamati pada batas lempeng litosfir yang saling memisah-diri seperti pada punggung tengah samudra, atau pada litosfir yang membentuk lantai samudra. Tidak semua gunung-berapi yang sekarang ada dimuka Bumi ini, memperlihatkan kegiatannya dengan cara mengeluarkan bahan-bahan dari dalam Bumi. Untuk itu gunungapi dikelompokan menjadi gunung berapi aktip, hampir berhenti dan gunung-berapi yang telah mati. Gunung-berapi yang digolongkan kedalam yang hampir mati, adalah gunung-gunung-berapi yang tidak memperlihatkan kegiatannya saat ini, tetapi diduga bahwa gunungapi itu kemungkinan besar masih akan aktip dimasa mendatang. Biasanya gunung-berapi ini memperlihatkan indikasi-indikasi kearah bangunnya kembali, seperti adanya sumber panas dekat permukaan yang menyebabkan timbulnya sumber dan uap air panas, dll. Gunung-berapi yang telah mati atau punah adalah gunung-berapi yang telah lama sekali tidak menunjukkan kegiatan dan juga tidak memperlihatkan tanda-tanda kearah itu.


3.4.1. Bahan Bahan Yang Dikeluarkan Pada Erupsi Gunungberapi
Kegiatan gunung-berapi dapat diikuti dengan keluarnya bahan yang bersifat encer pijar yang mengalir dari pusatnya dan dinamakan lava atau berupa fragmen-fragmen bebatuan berukuran bongkah hingga debu yang halus yang disemburkan dengan letusan. Disamping itu juga dikeluarkan sejumlah gas dan uap. Produk-produk kegiatan gunung-berapi dapat dikelompokan menjadi 4 kelompok, yakni :(1). Aliran lava, (2). Gas dan uap, (3). Piroklastika atau rempah-rempah gunugapi dan (4). Lahar, yaitu rempah-rempah lepas yang tertimbun pada tubuh gunungapi yang kemudian diangkut oleh media air sebagai larutan pekat dengan densitas tinggi.

Gambar 3-13 Batuan beku Extrusive dan Intrusive yang berkomposisi asam, intermediate, basa, dan ultrabasa.

Aliran Lava adalah lelehan pijar yang keluar ke permukaan berasal dari magma. Susunan dari lava dianggap sama dengan magma asalnya, kecuali hilangnya sejumlah gas kedalam atmosfir. Jenis lava yang paling banyak dijumpai dimuka Bumi adalah jenis basalt, yang sumbernya berasal dari magma bersusunan mafis. Hal ini disebabkan karena sifat dari magma mafis disamping suhunya yang tinggi juga karena sifat fisiknya yang encer, sehingga akan lebih mudah mencapai permukaan dan mengawali kegiatan vulkanisma. Sedangkan magma yang asam karena suhunya yang relatip rendah, akan lebih mudah mendingin dan membeku, sehingga hanya dalam jumlah yang kecil saja yang dapat keluar mencapai permukaan dan mengalir. Kenyataan ini juga yang akan menjelaskan mengapa susunan kerak-benua lebih banyak dibangun dari batuan bersusunan granitis. Disisi lain andesit mempunyai susunan yang berada diantara basalt dan rhyiolit. Karena itu vulkanisma yang mengeluarkan lava andesitis akan lebih sering terjadi dibandingkan yang rhyiolitis, namun jauh lebih kurang apabila dibandingkan dengan yang basaltis.
3.4.2. Tipe Tipe Lava
Berdasarkan komposisi dan sifat fisik dari magma asalnya, sifat-sifat ekternal dari lava seperti cara-cara bergerak (mengalir), sebaran dan sifat internalnya seperti bentuk dan strukturnya setelah membeku, tipe lava dapat dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu : (1). lava basaltis. (2). Lava andesitis dan (3). Lava rhyiolitis
1. Lava basaltis :
Merupakan lava yang paling banyak dikeluarkan berasal dari magma yang bersusunan mafis, bersuhu tinggi dan mempunyai viskositas yang rendah. Lava ini akan mudah mengalir mengikuti lembah yang ada dan mampu menyebar hingga mencapai jarak yang sangat jauh dari sumbernya apabila lerengnya cukup besar, tipis dan magma yang keluar cukup banyak. Di Hawaii lava basaltis mampu menempuh jarak kurang lebih 50 Km dari sumbernya dengan ketebalan rata-rata 5 meter. Di Iceland bahkan jaraknya dapat mencapai 100 Km lebih, dan di dataran Columbia lebih dari 150 Km.
Lava basaltis akan membeku menghasilkan 2 macam bentuk yang khas, yaitu bentuk Aa dan Pahoehoe (istilah Polynesia di Hawaii, dilafalkan : pa-hoy-hoy, yang artinya “tali”). Lava yang encer akan bergerak mengalir dengan kecepatan 30 Km/jam, menyebar sehingga mampu mencapai ketebalan 1 meter, dan membeku dengan permukaan yang masih elastis sehingga akan terseret dan membentuk lipatan-lipatan melingkar seperti tali (gambar 3-14). Semakin jauh dari pusatnya kekentalannya akan meningkat dan membeku dengan permukaan yang rapuh namun bagian dalamnya yang masih panas dan encer tetap bergerak dan menyeret bagian permukaannya yang membeku. Karena bagian dalamnya bergerak lebih cepat dari permukaannya, maka akibatnya akan membentuk permukaan lava yang kasar, dengan ujung-ujungnya yang runcing-runcing. Bentuk lava seperti itu disebut Aa (dilafalkan “ah-ah”).
Block lava atau lava bongkah merupakan istilah yang diterapkan untuk segala jenis lava yang mempunyai permukaan yang kasar berbongka-bongkah. Kedalamnya juga termasuk lava Aa. Bentuk bongkah terjadi karena permukaan lava yang lebih cepat membeku sedang dibagian dalamnya masih bergerak karena panas dan agak kental. Sifat khas lainnya yang terdapat pada beberapa jenis lava basaltis adalah kehadiran lubang-lubang dari bekas kandungan gas yang keluar pada saat lava membeku. Gas yang terlarut didalam magma akan naik ke bagian atas dari magma pada saat mendingin dan kemudian meninggalkan lubang-lubang (“vesicles”) sebesar kacang pada bagian permukaan lava. Basalt yang mempunyai lubang-lubang dalam jumlah yang cukup banyak dinamakan scoria.
Lava basaltis pada saat membeku juga sering membentuk struktur seperti tiang (gambar 3-15), dengan penampang segi lima (columnar jointing). Apabila keluarnya lava basalt berlangsung dibawah laut (submarine), lava akan membeku membentuk struktur-struktur membulat lonjong dengan permukaan yang licin seperti permukaan gelas akibat dari pendinginan yang cepat, dan cembung tetapi dengan dasar yang mendatar. Lava yang mengalir kemudian diatasnya, akan mengikuti permukaan membulat yang telah ada dibawahnya. Disamping bentuknya yang yang menyerupai tumpukan-tumpukan bentuk lonjong dengan permukaan membulat, juga penampangnya memperlihatkan struktur rekahan radial yang terbentuk sebagai akibat perenggangan. Ciri khas lainnya dari lava bantal adalah adanya sedimen yang mengisi ruang diantara bentuk lonjongnya, yaitu endapan laut yang terperangkap pada saat lava mengalir dan membeku.
Gambar 3-14  Lava berbentuk tali (Lava Pahoe-hoe) Gambar  3-15           Lava berbentuk tiang (Columnar Joint)


2. Lava andesitis
Lava ini mempunyai susunan antara basaltis dan rhyolitis, atau intermediate. Lava andesitis yang mempunyai sifat fisik kental, tidak mampu mengalir jauh dari pusatnya. Pada saat membeku, seperti halnya lava basalti juga dapat membentuk struktur Aa, kekar tiang dan struktur bantal. Tetapi jarang sekali kembentuk struktur Pahoe-hoe.
3. Lava rhyolitis
Karena magma jenis ini sifatnya sangat kental, jarang sekali dijumpai sebagai lava, karena sudah membeku dibawah permukaan sebelum terjadi erupsi.

Gas dan uap yang dikeluarkan oleh gunungapi beberapa daripadanya berasal dari permukaan bumi. Air yang berasal dari permukaan atau dekat permukaan Bumi, akan diubah menjadi uap pada saat ia bersentuhan dengan permukaan magma dan berkembang menjadi letusan yang hebat. Jumlah gas yang terdapat didalam magma, berkisar antara 1% hingga setinggi-tingginya 9%, dimana yang utama adalah uap air dan CO dengan sedikit N, SO, Cl dan beberapa yang lainnya. Pada kedalaman beberapa puluh Km, gas-gas tersebut tetap berada dalam kadaan terlarut didalam magma yang berada dalam kondisi tertekan oleh batuan sekitarnya. Gas-gas tersebut kemudian akan terkumpul dibagian atas dari magma yang bergerak naik serta menekan batuan yang terdapat diatasnya. Apabila gas tersebut samasekali terhalang jalannya, umpamanya karena ada sumbat, maka ini akan meningkatkan tekanan terhadap batuan diatasnya dan akhirnya akan menghancurkannya. Demikian penghalang tersebut dapat disingkirkan, maka gas akan mengembang. Letusan awal akan menyeret serta bahan-bahan batuan yang ada dan kemudian diikuti oleh sempalan-sempalan lava keudara.
Piroklastika atau rempah-rempah gunung-berapi, “Pyro” berarti pijar, dan klastika adalah bentuk fragmmental. Piroklastika terdiri dari fragmen-fragmen pijar berukuran halus (debu) hingga berukuran bongkah-bongkah besar yang disemburkan pada saat terjadi letusan. Fragmen-fragmen tersebut berasal dari batuan yang telah ada yang membentuk pipah tubuh gunung-berapi tersebut, dan yang berasal dari magma yang turut terseret ketika gas dengan tekanan yang kuat menghembus keudara. Bongkah-bongkah berukuran besar-besar hingga mencapai 100 ton mampu dilempar sampai jarak 10Km dari pusatnya.
Piroklastika dapat diangkut oleh udara, yang kasar kemudian dijatuhkan disekitar tubuh gunung api, sedangkan yang halus akan dibawa angin ketempat yang lebih jauh bahkan dapat berada di udara hingga mencapai beberapa hari. Gunung-berapi Krakatau yang berada di Selat Sunda pada saat meletus pada tahun 1883, telah mengeluarkan awan piroklastika setinggi 80 Km keudara, menghalangi sinar matahari sehingga menimbulkan kegelapan sampai tiga hari berturut-turut. Fragmen debunya yang halus tertiaup angin dan menghambat radiasi sinar matahari secara global hampir sebanyak 10% dan berdampak terhadap suhu hingga turun 1 C. Debu yang halus tetap tinggal mengambang diudara dan menyebabkan warna yang memudar pada saat matahari tenggelam hingga beberapa tahun. Disamping oleh udara, piroklastik yang jatuh disekeliling tubuh gunung api, juga diangkut oleh media air hujan yang mengalir melalui lereng sebagai aliran lumpur yang pekat dan disebar ke dataran rendah.
Gambar 3-16 Aliran lava dan semburan material piroklastik
Piroklastika dikelompokan berdasarkan (1) susunannya secara umum, (2) cara terjadinya, (3) ukuran fragmen, (4) keadaan pada saat disemburkan dan jatuh kepermukaan bumi, dan (5) berdasarkan tingkat konsolidasinya. Namun pengelompokan piroklastika yang paling banyak digunakan dan paling penting adalah yang didasarkan kepada ukuran dan bentuk fragmen dan tingkat konsolidasinya.
1.     Bom vulkanik adalah fragmen berukuran lebih besar dari 64 mm. Karena pada saat dilempar keudara keadaannya masih bersifat lelehan, maka pada saat membeku dan jatuh bentuknya ada yang terputar, dan ada pula yang setelah jatuh bagian dalamnya masih bersifat leleh pijar, dan setelah mendingin seluruhnya akan mempunyai permukaan rekah-rekah menyerupai “kerak roti”. Akumulasi bom-bom volkanik (bentuknya agak membundar) yang memadat dan membentuk sekelompok batuan, dinamakan aglomerat. Sedangkan untuk fragmen-fragmen berukuran bongkah yang bentuknya menyudut akan memadat dan membentuk batuan sebagai breksi vulkanik.
2.     Lapili adalah fragmen yang berukuran antara 64 dan 2 mm dan apabila memadat akan membentuk batuan dinamakan lapili aglomerat atau lapili breksia, tergantung dari bentuk fragmennya.
3.     Debu vulkanik adalah fragmen yang berukuran kurang dari 2 mm hingga ukuran debu dan apabila memadat dan membatu dinamakan tufa. Tufa dapat juga mengandung beberapa fragmen berukuran besar (lapili atau breksi), maka kita juga mempunyai istilah-istilah tufa-lapili dan tufa-breksi. Dilapangan kedua istilah ini dapat diamati sebagai lapili atau breksi sebagai fragmen, dan tufa sebagai semennya.


3.4.3. Lahar
Lahar adalah istilah Indonesia yang digunakan terhadap produk gunungapi yang diangkut oleh media air meteorik (hujan) atau berasal dari danau kepundan. Istilah ini sudah menjadi internasional yang sebelumnya dikenal sebagai “mudflow” atau “fragmental flow”. Lahar bergerak mengalir sepertinya lava, dikendalikan oleh gayaberat dan topografi. Di Indonesia, terutama bagi orang awam, istilah lahar dan lava acapkali dikaburkan. Apa yang mereka sebut lahar, sebenarnya adalah lava yang keluar dari kepundan.
Tidak semua gunung-berapi di Indonesia menghasilkan aliran lahar. Lahar umumnya kita jumpai diwilayah sekitar gunung-berapi yang secara periodik memperlihatkan kegiatannya dan mengeluarkan bahan piroklastika. Gunung Merapi di Jawa Tengah atau G. Semeru di Jawa Timur, adalah gunung-berapi yang sering diberitakan terjadinya aliran lahar. Namun demikian endapan-endapan lahar yang mempunyai ciri-ciri khas, masih dapat dikenali di gunung-gunung-berapi yang sudah tidak memperlihatkan kegiatannya. Bahkan endapan lahar juga terlihat pada produk gunungapi Tersier. Berdasarkan cara terjadinya kita kenal adanya dua jenis lahar, yaitu : (1). lahar dingin dan (2) lahar panas.
1)  Lahar dingin
Rempah-rempah gunung-berapi yang masih belum terkonsolidasi, yang terkumpul dibagian puncak dan lereng, pada saat atau beberapa saat setelah erupsi kemudian terjadi hujan, maka bahan-bahan piroklastika tersebut akan diangkut dan bergerak kebawah sebagai aliran pekat dengan densitas tinggi. Bahan-bahan piroklastika mulai dari bongkah, bom vulkanik, lapili dan debu akan bergerak kebawah melalui lembah-lembah pada lereng gunung-berapi. Karena densitasnya yang besar serta geraknya dikendalikan oleh tarikan gayaberat dan topografi, maka aliran lahar mampu mengangkut bongkah-bongkah ukuran besar (sebesar rumah sekalipun) hingga jarak yang sangat jauh. Endapan lahar dingin dicirikan oleh pemilahannya yang sangat buruk, meskipun masih nampak adanya kecenderungan bahwa fragmen yang besar-besar dan berat akan terkumpul dibagian bawah dari endapan. Kadang-kadang endapan lahar dingin sulit dibedakan dari endapan awan panas, terutama endapan yang sudah lama. Setelah perjalannya agak jauh dari sumbernya, lahar ini akan berangsur menjadi sungai dan mengendapkan bebannya sebagaimana sungai biasa.
2) Lahar panas
Beberapa gunung-berapi, dasar kepundannya bersifat kedap air sehingga sejumlah air hujan akan terkumpul sehingga akan terbentuk sebuah danau. Di Indonesia gunung-gunung berapi yang mempunyai danua diatasnya adalah G. Kelud di Jawa Timur, G. Galunggung di Jawa Barat dan G. Agung di Bali. Bahan lempung yang menyebabkan dasar kepundan kedap air itu berasal dari ubahan batuan yang membentuk dinding kepundan oleh gas-gas yang keluar dari pipa. Bahan yang halus ini akan diangkut oleh hujan yang turun dan diendapkan pada dasar kepundan.
Berdasarkan catatan pakar gunung-berapi di Indonesia, G. Galunggung di Jawa-Barat, pada tahun 1822 meletus dan memuntahkan seluruh danau beserta isinya yang sudah tercampur bahan-bahan dari magma. Akibat dari letusan tersebut, terjadi aliran lahar panas dan mampu menumpuh jarak 60 Km. G.Kelud di Jawa-Timur yang mempunyai danau pada kepundannya, pada letusan yang terjadi pada tahun 1919 telah menimbulkan terjadinya aliran lahar panas yang merusak 130 Km lahan pertanian dan menghilangkan hampir 5000 jiwa. Karena gunung-berapi ini memperlihatkan kegiatannya secara teratur, maka untuk menghindari terjadinya malapetaka seperti yang berlangsung pada tahun 1919, pemerintah Hindia Belanda waktu itu membangun terowonga-terowongan. Tujuan dari pembangunan terowongan tersebut adalah untuk mengurangi volume air yang terkumpul dalam kepundan sehingga apabila terjadi letusan, tidak akan terlalu banyak mengeluarkan lahar.

3.4.4. Batuan Piroklastik
Batuan piroklastik adalah batuan beku ekstrusif yang terbentuk dari hasil erupsi gunungapi (volkanisme). Erupsi gunungapi pada umumnya mengeluarkan magma yang dilemparkan (explosive) ke udara melalui lubang kepundan dan membeku dalam berbagai ukuran mulai dari debu (ash) hingga bongkah (boulder). Tuff adalah batuan gunungapi yang terbentuk dari suatu campuran fragmen fragmen mineral batuan gunungapi dalam matrik debu gunungapi. Tuff terbentuk dari kombinasi debu, batuan dan fragmen mineral (piroklastik atau tephra) yang dilemparkan ke udara dan kemudian jatuh ke permukaan bumi sebagai suatu endapan campuran. Kebanyakan dari fragmen batuan cenderung merupakan batuan gunungapi yang terkonsolidasi dari hasil erupsi gunungapi. Kadangkala material erupsi yang masih panas mencapai permukaan bumi dan kemudian menbeku menjadi “welded tuff”. Batuan piroklastik secara umum dikelompokan berdasarkan pada ukuran butir seperti halnya dengan batuan klastik lainnya / batuan terrigenous lainnya.

a)     Batupasir Tuf : Batuan tuf merupakan batuan volkaniklastik berukuran kurang dari 2mm. Berdasarkan kehadiran hablur (crystal), litik (lithic) atau kaca/gelas (vitrik), tuf ini dapat dikelaskan menjadi: a). Tuf hablur; b).Tuf vitrik; dan c). Tuf litik
b)     Agglomerat : Agglomerat adalah batuan volkaniklastik (piroklastik) yang berukuran lebih besar daripada 64mm. Agglomerat terbentuk akibat dari letupan gunung api, dan terbentuk berdekatan dengan kawah gunung berapi.
Tabel 3-5 Klasifikasi Batuan Gunungapi
Gambar 3-17  Klasifikasi batuan piroklastik
Gambar 3-18 Berbagai jenis batuan piroklastik

Sumber : Djauhari Noor, 2012, Pengantar Geologi. 

Silahkan download filenya dibawah ini sebagai acuan, bahan bacaan dan lainnya
Jika teman-teman masih bingung cara download silahkan klik link di bawah ini (CATATAN : LANGSUNG KE LANGKAH NO.7):

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tinjauan Pustaka Batuan Gunungapi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel