-->

PANDUAN BASIC ATAU DASAR-DASAR SOFTWARE MINESCAPE

BASIC ATAU DASAR-DASAR SOFTWARE MINESCAPE



PANDUAN INI SAYA BELI DARI SALAH SATU SITU WEB, DAN SEKARANG SAYA MEMBAGIKAN DI BLOG SAYA, SILAHKAN DI SIMAK, TERIMAKASIH.

1       Dasar-Dasar MineScape

Minescape merupakan software perencanaan tambang terpadu yang dirancang khusus untuk industri pertambangan mencakup semua aspek informasi teknis tambang, mulai dari data eksplorasi hingga penjadwal produksi tambang.
Core Minescape mendukung berbagai macam software aplikasi khusus yang memungkinkan anda secara interaktif membuat dan mengolah model-model geologi tiga dimensi serta desain tambang.
Minescape dirancang untuk digunakan oleh semua profesional tambang termasuk surveyor, geologist dan mine engineer. Fleksibilitas yang dimiliki oleh Minescape memastikan bahwa software tersebut dapat digunakan dalam perencanaan tambang jangka pendek dan jangka panjang untuk tambang batu bara dan bijih.
Minescape memiliki interface intuitif yang disebut Graphical Task Interface (GTI). Interface tersebut menjadikan pekerjaan anda lebih mudah dikerjakan sehingga lebih efisien dan mengurangi kebutuhan pelatihan.
Minescape dapat dioperasikan dalam platform Windows®.


1.1       Project

Semua pekerjaan dalam Minescape didasarkan pada project–project yang secara umum disesuaikan dengan operasi tambang atau prospek eksplorasi. Project-project tersebut memungkinkan pekerjaan dapat dikelola secara logis sehingga memudahkan dalam manajemen dan pengaksesan.
Minescape hanya mengijinkan bekerja pada satu project dalam satu session meskipun data dari project yang lain dapat diakses. Project tidak dapat diubah selama session Minescape. Apabila anda ingin mengubah project, anda harus  keluar dari project dan pilih project baru. Beberapa session Minescape dapat dijalankan secara bersama-sama.

1.2       Aplikasi Minescape

Aplikasi Minescape merupakan inti dari sistem Minescape meliputi sistem dasar dari program, bahasa pemrograman, struktur data, library, tools dan modul-modul yang merupakan bangunan dari kesesuaian software Minescape.
Minescape dapat dikonfigurasikan sesuai dengan berbagai proses yang ada di site.


1.3       Komponen-Komponen Interface

1.3.1    GTI Window
GTI Window merupakan front-end sistem Minescape yang menyediakan manajemen interface yang kaya akan features dan secara visual berbeda dari environment Minescape. GTI merupakan kependekan dari Graphical Task Interface yang terdiri dari base window dan berisi sejumlah Page yang dapat dikonfigurasikan untuk kebutuhan pemakai yang ditampilkan sebagai tab-tab dalam tab-deck.
 1.3.2    Page
Page merupakan accumulate windows yang menjalankan fungsi-fungsi khusus dan ditampilkan di dalam GTI window. Hingga 32 Page dapat ditampilkan secara bersama-sama dalam GTI window, tergantung pada kemampuan RAM, dan sebagainya. Secara umum, page ada dua macam, yaitu:
 Minescape Page
Minescape Page menyediakan fungsi-fungsi Minescape (misalnya: modelling). Page work sentral dari suatu page mampu menampilkan grafik CAD dalam satu atau lebih CAD windows. Sarana Minescape lainnya dapat juga ditampilkan dalam area ini.
 Monitor Page
Monitor page menyediakan layanan pemantauan dan kontrol terhadap modul-modul yang dijalankan selama session Minescape dan mengkomunikasikan langsung dengan server modul Minescape. Page work sentral dari Monitor Page menampilkan modul-modul menurut batch yang ingin dijalankan. Informasi lengkap untuk setiap modul dapat diperoleh dengan mudah. Page tersebut juga meliputi kontrol-kontrol untuk melihat, jeda, mengakhiri dan memulai eksekusi modul dan berinteraksi dengan modul server.
 1.3.3    CAD Window
CAD window menampilkan grafis 3D CAD dari Minescape (Computer Aided Design). Subsistem CAD GTI memadukan bahasa pemrograman dengan arsitektur client/server sehingga dapat menyediakan fasilitas edit dan management data grafis secara menyeluruh.
 1.3.4    Form
Form merupakan window tersendiri yang menampilkan parameter dan data yang relevan untuk mengoperasikan Minescape secara khusus serta memungkinkan anda untuk melihat, memanipulasi parameter secara interaktif dan menyerahkan modul- modul tersebut untuk dijalankan.


1.3.5    Bahasa Pemrograman
MPL
Minescape Programming Language atau MPL merupakan bahasa pemprograman aplikasi tingkat tinggi untuk program-program penulisan (dikenal dengan user commands) yang berinteraksi dengan data dan modul-modul Minescape. MPL terdiri dari fungsi spesialis yang secara internal dikenal dengan MPL verbs.
ActionMPL
ActionMPL merupakan kemasan gambar derivatif dari MPL standar yang memungkinkan program-program (yang dikenal sebagai action) ditulis dengan menghubungkan interface Minescape dan fungsionalitas dasar. ActionMPL verbs dapat direferensikan di dalam program sehingga memberikan kemudahan akses terhadap banyak feature Minescape.
 1.3.6    Modules
Modules merupakan program khusus Minescape untuk membuat, mengimpor, mengekspor dan menampilkan data yang kompleks. Modul tersebut dijalankan untuk memproses data-data yang kompleks dan memerlukan banyak memori seperti modelling, pembuatan contour dan penghitungan volume. Secara eksternal semua model dijalankan dari interface Minescape GTI baik di dalam foreground ataupun background melalui modul server yang tersedia. Dengan menjalankan modul-modul tersebut dalam background, anda dapat terus menggunakan interface grafis secara bebas dari berbagai overhead yang berhubungan.
 1.3.7    Libraries dan Tools
Minelib
        Minelib   adalah   suatu mining  yang     berorientasi pada kegunaan library dan menyediakan sebuah API untuk:
·       Management data surface.
·       Management data grid.
·       Management data tabel dan editing spread sheet.
·       Database Mining block.
·       Coordinat Geometry dan Graphics Output (COGO) tools.

1.4       Produk-produk Minescape

Produk adalah plug-in perangkat lunak khusus yang dipadukan dengan aplikasi Minescape. Produk-produk plug-in memberikan kehandalan dalam aplikasi dan fungsi-fungsi tambahan yang khusus pada operasi-operasi tertentu (misalnya: Stratmodel dan Open Cut Planning dsb).
Berbagai produk menggunakan arsitektur, program, library, dan tools Minescape core. Produk-produk yang tersedia dalam Minescape meliputi:
·       Drill Hole Database (GDB)
·       Stratigraphic Modelling
·       Block Modelling
·       Open Cut Planning
·       Underground Planning
·       Scheduling
·       Mine Surveying
·       Haul Road Design
·       Drill & Blast
·       Dragline Modelling



1.5       Memulai MineScape

Semua pekerjaan di MineScape didasarkan pada project. Project-project ini berarti mengelompokkan informasi yang berhubungan dalam suatu daerah dan memungkinkan mengorganisasikan secara logis daerah-daerah kerja. Secara umum suatu project berkaitan dengan suatu daerah operasi tambang atau proyek eksplorasi.
MineScape dapat dijalankan dari:
  • Dari icon MineScape yang terdapat di desktop.
  • Project name — field ini menampilkan directori project dimana MineScape dimulai. Pilihan nama project dapat dipilih dari daftar pilihan “pull-down” jika diperlukan.
  • Pilih tombol  "CREATE PROJECT" untuk membuat project baru. Lihat: Membuat Project Baru untuk detail metoda yang dapat digunakan untuk membuat project
  • Application — Pilih aplkasi yang diinginkan misalnya Stratmodel dari daftar pilihan pull-down.
  • Restore. Pilih jika ingin merestore grafis yang ditampilkan sebelumnya pada saat aplikasi ditutup. Catatan: Grafis pada current page secara otomatis disimpan pada saat keluar dari MineScape. Jika ada yang secara individu ditutup (menggunakan Page>Close Page) grafisnya disimpan untuk aplikasi tersebut dan dapat direstore  mengunakan “check box” di atas.
  • Pilih OK — Window GTi akan ditampilkan.

1.5.1      GTi Window

GTi (Graphical Task Interface) menyediakan interface utama ke Minescape. GTi window terdiri atas sejumlah page, yang ditempatkan dalam tab-deck interface.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "PANDUAN BASIC ATAU DASAR-DASAR SOFTWARE MINESCAPE"

  1. Service komputer Panggilan


    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696





    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel